Sekolah Kebun Seri 3: Teknik Okulasi dan Pemeliharaan Cabang Kopi

Pemeliharaan tanaman kopi sangat menentukan produktifitas, salah satu yang sangat penting adalah Pemeliharaan Cabang Kopi dengan pemangkasan teratur. Tujuannya untuk menghasilkan cabang tanaman baru yang lebih banyak dan mempermudah tanaman dalam mendapatkan sinar matahari sebagai unsur pembentuk bunga dan mengatur supaya tanaman kopi ini tidak hanya memiliki banyak cabang dan daunnya, melainkan menghasilkan banyak buah.

Teknik Okulasi merupakan salah satu cara peremajaan tanaman kopi. Okulasi juga dilakukan untuk memperoleh tanaman yang kuat (tahan terhadap penyakit) dengan produktivitas dan kualitas yang baik dengan menyambung jenis tanaman kopi yang berbeda. Beberapa kelebihannya seperti dapat diperoleh tanaman yang produktifitas tinggi, pertumbuhan tanaman seragam, penyiapan relatif singkat namun punya kelemahan terkadang hasil okulasi ada yang kurang normal terjadi karena tidak adanya keserasian antara batang bawah dengan batang atas (entres)

Bagaimana teknik Okulasi dan pemangkasan tanaman kopi yang benar?

Yuk belajar dan berkebun bersama dengan para kelompok tani di Kawasan Puncak dan tentu saja Ahlinya. Informasi: Cantika (081282108866), Yono (081912104089).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*